Pengaruh metode simulasi terhadap pengetahuan dan sikap guru tentang kesehatan reproduksi remaja di SMK Kabupaten Brebes tahun 2022

Amin, Susilo and Esty, Febriani and Lely, Wahyuniar and Dwi, Nastiti Iswarawanti (2023) Pengaruh metode simulasi terhadap pengetahuan dan sikap guru tentang kesehatan reproduksi remaja di SMK Kabupaten Brebes tahun 2022. Journal of Health Research Science, 3 (1): 8. pp. 72-82. ISSN 2798-7442

[thumbnail of 2798-7442_3_1_2023-8.pdf]
Preview
Text
2798-7442_3_1_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Guru SMK memiliki peran penting dalam memperkenalkan kesehatan reproduksi kepada siswa di sekolah (Banerjee & Rao, 2022). Metode simulasi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pendidikan kesehatan. Kajian terbatas telah dilakukan untuk mengkaji pengaruh pendidikan terhadap reproduksi remaja terhadap pengetahuan dan sikap guru SMK dengan menggunakan metode ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendidikan terhadap reproduksi remaja dengan metode simulasi pada guru SMK di Kabupaten Brebes untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mereka. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rencana kelompok kontrol non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah total sampling guru SMK (n=30 orang tiap kelompok). Analisis data menggunakan bivariat (uji Chi square dan uji T berpasangan) dan analisis multivariat (regresi linier logistik) pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pengetahuan (56,7%) dan sikap (56,7%) yang baik setelah dilakukan intervensi simulasi. Hasil uji t berpasangan menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan guru antara kelompok perlakuan dan kontrol dengan nilai p<0,001, dan sikap guru dengan nilai p<<0,001. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel usia (p =0,039) memiliki pengaruh yang signifikan antara pengetahuan dan sikap guru terhadap kesehatan reproduksi remaja. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan reproduksi remaja dengan metode simulasi terhadap pengetahuan dan sikap guru. Disarankan metode simulasi dalam pendidikan kesehatan pada guru dapat digunakan secara luas untuk meningkatkan kompetensi guru, termasuk metode partisipatif, pemantauan langsung dan bimbingan kepada siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guru SMK, Kesehatan reproduksi, Pengetahuan, Simulasi, Sikap, Health education, Technical school teachers, Cognitive processes, Knowledge, Sexual reproduction
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Feb 2024 08:26
Last Modified: 16 Feb 2024 08:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32845

Actions (login required)

View Item
View Item