Amin, Susilo and Esty, Febriani and Lely, Wahyuniar and Dwi, Nastiti Iswarawanti (2023) Pengaruh metode simulasi terhadap pengetahuan dan sikap guru tentang kesehatan reproduksi remaja di SMK Kabupaten Brebes tahun 2022. Journal of Health Research Science, 3 (1): 8. pp. 72-82. ISSN 2798-7442
2798-7442_3_1_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Latar Belakang: Guru SMK memiliki peran penting dalam memperkenalkan kesehatan reproduksi kepada siswa di sekolah (Banerjee & Rao, 2022). Metode simulasi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pendidikan kesehatan. Kajian terbatas telah dilakukan untuk mengkaji pengaruh pendidikan terhadap reproduksi remaja terhadap pengetahuan dan sikap guru SMK dengan menggunakan metode ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendidikan terhadap reproduksi remaja dengan metode simulasi pada guru SMK di Kabupaten Brebes untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mereka. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rencana kelompok kontrol non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah total sampling guru SMK (n=30 orang tiap kelompok). Analisis data menggunakan bivariat (uji Chi square dan uji T berpasangan) dan analisis multivariat (regresi linier logistik) pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pengetahuan (56,7%) dan sikap (56,7%) yang baik setelah dilakukan intervensi simulasi. Hasil uji t berpasangan menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan guru antara kelompok perlakuan dan kontrol dengan nilai p<0,001, dan sikap guru dengan nilai p<<0,001. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel usia (p =0,039) memiliki pengaruh yang signifikan antara pengetahuan dan sikap guru terhadap kesehatan reproduksi remaja. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan reproduksi remaja dengan metode simulasi terhadap pengetahuan dan sikap guru. Disarankan metode simulasi dalam pendidikan kesehatan pada guru dapat digunakan secara luas untuk meningkatkan kompetensi guru, termasuk metode partisipatif, pemantauan langsung dan bimbingan kepada siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru SMK, Kesehatan reproduksi, Pengetahuan, Simulasi, Sikap, Health education, Technical school teachers, Cognitive processes, Knowledge, Sexual reproduction |
Subjects: | Health Resources > Health Education & Manpower Training Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 08:26 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 08:26 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/32845 |