Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku donor darah pada peserta didik kelas XII di Pondok Pesantren Condong Tasikmalaya 2022

Ari, Harri Kusmara, and Dewi, Laelatul Badriah and Lely, Wahyuniar and Mamlukah, Mamlukah (2023) Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku donor darah pada peserta didik kelas XII di Pondok Pesantren Condong Tasikmalaya 2022. Journal of Health Research Science, 3 (1): 4. pp. 34-43. ISSN 2798-7442

[thumbnail of 2798-7442_3_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
2798-7442_3_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku donor darah pada peserta didik kelas XII di Pondok Pesantren Condong Tasikmalaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 358 siswa. Jumlah sampel dalam penellitian ini adalah 60 siswa, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi, dan analisis bivariat menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan, pengetahuan donor darah peserta didik kelas XII di Pondok Pesantren Condong Tasikmalaya 2022 termasuk kategori cukup, sikap donor darah peserta didik kelas XII di Pondok Pesantren Condong Tasikmalaya 2022 sebelum diberikan pendidikan kesehatan termasuk kategori tidak mendukung sedangkan setelah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar termasuk kategori mendukung dan perilaku donor darah peserta didik kelas XII di Pondok Pesantren Condong Tasikmalaya 2022 sebelum diberikan pendidikan kesehatan termasuk kategori tidak bersedia sedangkan setelah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar termasuk kategori bersedia. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran atau aplikasi manusia yang terbaik adalah manusia yang memberi manfaat bagi manusia yang lainnya serta tenaga kesehatan agar lebih pro aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya mendonor darah bagi kesehatan, melalui penyuluhan, penyebaran brosur, dan multi media lainnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Donor darah, Pengetahuan, Perilaku, Sikap, Health education, Blood donors
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Feb 2024 08:39
Last Modified: 16 Feb 2024 08:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32835

Actions (login required)

View Item
View Item