Analisis faktor pendukung dan penghambat penerapan inovasi pelayanan kependudukan di kantor desa oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara

Asbur, Hidayat (2023) Analisis faktor pendukung dan penghambat penerapan inovasi pelayanan kependudukan di kantor desa oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara. JURIDICA: Jurnal Fakultas Hukum Universitas Gunung Rinjani, 4 (2): 1. pp. 4-14. ISSN 2722-242X

[thumbnail of 2722-242X_4_2_2023-1.pdf]
Preview
Text
2722-242X_4_2_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (739kB) | Preview

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara merupakan Dinas yang yang bertanggung jawab dalam melakukan pelayanan kependudukan, sehingga dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menerapkan inovasi pelayanan kependudukan dengan pelayanan dari Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan inovasi pelayanan kependudukan di kantor desa yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan faktor pendukung penerapan inovasi pelayanan kependudukan di kantor desa antara lain : Penerapan inovasi memiliki strategi dan keunggulan, Inovasi yang dilakukan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat, Ketercapaian pelayanan kependudukan terus meningkat, Motivasi dari pimpinan yang dilakukan terus menerus, Penggunaan aplikasi memudahkan proses pelayanan. Sedangkan faktor penghambat antara lain: Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, Intensitas pelayanan yang terlalu sedikit dan Prosedur Pelayanan kurang optimal, Keterbatasan Sarana dan Prasarana, Kompetensi Pegawai masih rendah, Tidak ada Penghargaan dan Insentif bagi Pegawai yang berprestasi, Stabilitas Internet dalam Pelayanan kurang optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Innovation, Population services, Population censuses, Public services
Subjects: Administration & Management
Administration & Management > Public Administration & Government
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:52
Last Modified: 13 Feb 2024 07:52
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32780

Actions (login required)

View Item
View Item