Pendidikan agama kristen sebagai agen restorasi pendidikan dalam mewujudkan kehidupan beragama yang harmonis di sekolah–sekolah

Kristianus, Bayu Pranata and Nehemia, Nome (2023) Pendidikan agama kristen sebagai agen restorasi pendidikan dalam mewujudkan kehidupan beragama yang harmonis di sekolah–sekolah. Jurnal Filsafat dan Teologi Katolik, 6 (2): 4. pp. 37-63. ISSN 2614-5898

[thumbnail of 2614-5898_6_2_2023-4.pdf]
Preview
Text
2614-5898_6_2_2023-4.pdf - Published Version

Download (847kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Kristen memiliki tujuan untuk mengajarkan prinsipprinsip kehidupan Kristiani kepada siswa, termasuk nilai-nilai moral seperti kasih, pengampunan, keadilan, dan persaudaraan. Pendidikan Agama Kristen dapat membantu siswa memahami dan menghargai agama-agama lain dengan sikap inklusif, toleransi, dan penghormatan terhadap perbedaan agama. Namun, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi dalam menerapkan pendidikan agama Kristen sebagai agen restorasi pendidikan untuk menciptakan kehidupan beragama yang harmonis di sekolah. Salah satu tantangan utamanya adalah kurangnya pemahaman tentang moderasi beragama. Dalam penelitian ini langkah yang diambil penulis adalah melakukan studi literatur. pendidikan Agama Kristen memainkan peran vital sebagai agen restorasi pendidikan dalam menciptakan kehidupan beragama yang harmonis di sekolah-sekolah. Melalui pengajaran nilai-nilai moral, penghargaan terhadap keragaman agama, pembentukan karakter, dan dialog antaragama, pendidikan Agama Kristen berkontribusi dalam membentuk siswa yang hidup sesuai dengan nilai-nilai agama dan harmoni dengan sesama manusia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PAK, Restorasi pendidikan, Beragama, Sekolah, Christian education, Educational restoration
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:53
Last Modified: 21 Feb 2024 04:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32742

Actions (login required)

View Item
View Item