Kristianus, Bayu Pranata and Nehemia, Nome (2023) Pendidikan agama kristen sebagai agen restorasi pendidikan dalam mewujudkan kehidupan beragama yang harmonis di sekolah–sekolah. Jurnal Filsafat dan Teologi Katolik, 6 (2): 4. pp. 37-63. ISSN 2614-5898
2614-5898_6_2_2023-4.pdf - Published Version
Download (847kB) | Preview
Abstract
Pendidikan Agama Kristen memiliki tujuan untuk mengajarkan prinsipprinsip kehidupan Kristiani kepada siswa, termasuk nilai-nilai moral seperti kasih, pengampunan, keadilan, dan persaudaraan. Pendidikan Agama Kristen dapat membantu siswa memahami dan menghargai agama-agama lain dengan sikap inklusif, toleransi, dan penghormatan terhadap perbedaan agama. Namun, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi dalam menerapkan pendidikan agama Kristen sebagai agen restorasi pendidikan untuk menciptakan kehidupan beragama yang harmonis di sekolah. Salah satu tantangan utamanya adalah kurangnya pemahaman tentang moderasi beragama. Dalam penelitian ini langkah yang diambil penulis adalah melakukan studi literatur. pendidikan Agama Kristen memainkan peran vital sebagai agen restorasi pendidikan dalam menciptakan kehidupan beragama yang harmonis di sekolah-sekolah. Melalui pengajaran nilai-nilai moral, penghargaan terhadap keragaman agama, pembentukan karakter, dan dialog antaragama, pendidikan Agama Kristen berkontribusi dalam membentuk siswa yang hidup sesuai dengan nilai-nilai agama dan harmoni dengan sesama manusia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAK, Restorasi pendidikan, Beragama, Sekolah, Christian education, Educational restoration |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | - mayang - |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 04:53 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 04:53 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/32742 |