Identifikasi Taenia saginata pada infeksi sapi Madura dengan metode pengapungan NaCI Dusun Pajaten Keleyan Socah pencegahan zoonosis

Dwi, Aprilia Anggraini and Norma, Farizah Fahmi and Rizka, Efi Mawli and Cepryana, Sathalica Widyananda and Moh., Saiful Hakiki (2023) Identifikasi Taenia saginata pada infeksi sapi Madura dengan metode pengapungan NaCI Dusun Pajaten Keleyan Socah pencegahan zoonosis. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Science Journal, 14 (1): 22. pp. 169-176. ISSN 2623-1204

[thumbnail of 2252-9462_14_1_2023-22.pdf]
Preview
Text
2252-9462_14_1_2023-22.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Taenia saginata merupakan zoonosis yang ditemukan di seluruh dunia, terutama di negara negara berkembang. Taenia saginata dapat menyebabkan taeniasis pada manusia. Penetasan, perkembangan dan kelangsungan hidup telur cacing pita (Taenia saginata) sangat bergantung pada suhu dan kelembaban. Proses yang cepat akan terjadi jika lingkungan hangat dan melambat selama lingkungan dalam keadaan dingin. Salah satu upaya untuk mengetahui adanya cacing pita pada ternak adalah dengan cara melakukan uji feses sapi. Penelitian dilakukan di Dusun Pejaten Keleyan Socah. Metode: Penelitian dilakukan secara mikroskopik terhadap 20 sampel dengan teknik simple random sampling.
Hasil: penelitian menunjukkan bahwa dari 20 sampel yang diperiksa sebanyak 30% (empat sampel) positif mengandung telur Taenia saginata. Ternak Sapi di Dusun Pejaten Keleyan Socah dilakukan secara tradisional. Namun, para peternak kurang memperhatikan kesehatan Sapi dan sanitasi lingkungan dimana kandang Sapi didekat pemukiman penduduk sehingga potensi zoonosis kecacingan sangat besar terjadi.
Saran: Oleh karena itu, perlu dilakukan pengawasan untuk mencegah dan memberantas infeksi zonoosis kecacingan yang akan terjadi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sapi Madura, Kecacingan, Metode pengapungan, Taenia saginata, Zoonosis, Cestoda, Madurese cattle
Subjects: Medicine & Biology > Pathology
Agriculture & Food > Animal Husbandry & Veterinary Medicine
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:34
Last Modified: 13 Feb 2024 03:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32731

Actions (login required)

View Item
View Item