Sri, Laela (2023) Terapi kognitif mampu menurunkan tingkat ansietas mahasiswa tingkat III dalam menghadapi sidang KTI dan uji kompetens. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 5 (6): 18. pp. 1821-1831. ISSN 2655-2728
2655-2728_5_6_2023-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (276kB) | Preview
Abstract
Mahasiswa tingkat III Akademi Keperawatan berisiko mengalami ansietas, hal ini dikarenakan saat tingkat tiga, mereka akan menghadapi Uji Sidang Karya Tulis Akhir dan Uji Kompetensi Perawat, yang keduanya wajib dilewati untuk dapat lulus menjadi seorang perawat yang professional. Mereka merasa khawatir jika tidak lulus Sidang KTI dan Uji kompetensi, maka mereka tidak dapat di wisuda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas terapi kognitif terhadap ansietas mahasiswa dalam menghadapi sidang KTI dan uji kompetensi perawat. Metode penelitian yang digunakan pre – post test design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat III sebanyak 83 orang. Penelitian dilakukan pada Juni – Agustus 2022. Mahasiswa di ukur tingkat ansietasnya dengan menggunakan kuesioner Zung Self - rating Anxiety Scale (ZSAS), Karasteristik mahasiswa tingkat III dalam menghadapi Sidang KTI dan Uji Kompetensi mengalami ansietas sedang. Hasil penelitian menunjukkan ada penurunan ansietas secara bermakna (p-value = 0,047) setelah mendapat tindakan keperawatan Ners dan terapi kognitif. Tindakan keperawatan Ners dan terapi kognitif mampu menurunkan ansietas mahasiswa tingkat III dalam menghadapi Sidang KTI dan Uji Kompetensi perawat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ansietas, Terapi kognitif, Uji kompetensi, Anxiety, Cognitive-analytic therapy, College students, Clinical competence |
Subjects: | Medicine & Biology > Occupational Therapy, Physical Therapy, & Rehabilitation Medicine & Biology > Psychiatry |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:06 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:06 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/32617 |