Penerapan konseling kelompok untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Kupang

Lusia, Maria Ariesta Naluk and Imanuel, Lohmay and Andriani, Paulin Nalle and Khetye, R. Saba (2023) Penerapan konseling kelompok untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Kupang. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2986-9234

[thumbnail of 2986-9234_1_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
2986-9234_1_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (333kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan konseling kelompok untuk meningkatkan minat membaca siswa. Penelitian ini adalahpendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan di SMPN 12 Kota Kupang dengan kurun waktu ± 3 bulan.Populasi Penelitian ini berjumlah 160 orang menggunakan teknik pengambilan sample Purposive Sampling, sehingga didapatkan dengan jumlah sampel sebanyak 5 orang. Hasil penelitian ini diperoleh skor 1 orang dengan skor 72 dan 4 lainnya dengan skor 70 yang termasuk kategori aktif. Berdasarkan hasil perhitungan maka diperoleh bahwa 5 orang siswa sangat aktif mengikuti proses konseling kelompok. Seluruh siswa yang terlibat berada pada kategori aktif dengan rentangan hasil skor 60-73. Terdapat Pengaruh penerapan konseling kelompok untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Kupang dimana nilai posttest lebih tinggi dari nilai pretest. Hal ini berarti proses konseling kelompok dapat meningkatkan minat membaca siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, Minat membaca, Siswa, Kupang, Reading interests, Working group, Group counseling, Secondary education, Secondary school students
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:16
Last Modified: 05 Feb 2024 08:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32572

Actions (login required)

View Item
View Item