Penerapan metode drill dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab kelas 2 SD PKBM Permata Sunnah Sidoarjo

Muhammad, Misbahuddin and Andy, Fahmi Halim (2022) Penerapan metode drill dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab kelas 2 SD PKBM Permata Sunnah Sidoarjo. Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa, 12 (2): 7. pp. 257-266. ISSN 2774-3748

[thumbnail of 2774-3748_12_2_2022-7.pdf]
Preview
Text
2774-3748_12_2_2022-7.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penggunaan metode Drill dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap peningkatan penguasaan pemahaman kosa kata bahasa Arab siswa kelas 2 ikhwan PKBM Permata Sunnah, Sidoarjo. Metode Drill digunakan oleh pendidik karena metode ini cocok untuk pembelajaran bahasa asing terutama pembelajaran bahasa Arab karena peserta didik memperoleh kemampuan pemahaman kosa kata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK yaitu penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, sebagai objek yaitu siswa kelas 2 ikhwan PKBM Permata Sunnah, Sidoarjo. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode Drill pada mata pelajaran bahasa Arab dapat meningkatkaan hafalan serta pemahaman kosakata siswa kelas 2 ikhwan PKBM Permata Sunnah, Sidoarjo. Hal itu di buktikan dengan hasil tes siswa dari tes pertama dan tes kedua presentase siswa yang dapat menjawab meningkat sebesar 15%.

Item Type: Article
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Penguasaan Kosakata, Pembelajaran Bahasa Arab, Learning models, Mastery learning, Vocabulary, Arabic language
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:15
Last Modified: 30 Jan 2024 08:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32461

Actions (login required)

View Item
View Item