Ancaman keamanan Indo-Pasifik terhadap keputusan Australia membangun kapal selam tenaga nuklir tahun 2021

Ali, Martin and Diva, Ayu Safitri (2022) Ancaman keamanan Indo-Pasifik terhadap keputusan Australia membangun kapal selam tenaga nuklir tahun 2021. In: Prosiding Seminar Nasional Ilmu Politik dan Hubungan Internasional, 30 Agustus 2022, Semarang.

[thumbnail of 3025-390X_4_2022-13.pdf]
Preview
Text
3025-390X_4_2022-13.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview

Abstract

Ditengah memanasnya tensi dalam pusaran konflik sengketa Laut China Selatan, AUKUS muncul sebagai aliansi baru di bawah kesepakatan trilateral yang disebut sebagai pakta keamanan. Kehadiran AUKUS dinilai sebagai manuver baru sekutu untuk melawan dominasi China yang semakin agresif di kawasan Indo-Pasifik. Fokus utama aliansi AUKUS yaitu pembangunan kapal selam nukir untuk Angkatan Laut Australia. Pengumuman kerjasama trilateral ini menjadi latar belakang dari reaksi beragam negara-negara dalam kawasan. Oleh karena itu, jurnal skripsi ini akan memaparkan ancaman keamanan kawasan Indo-Pasifik terhadap keputusan Australia membangun kapal selam tenaga nuklir. Topik dalam skripsi ini dianalisis mengunakan teori Kompleksitas Keamanan Regional dan metode kualitatif dalam mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai literatur yang berkaitan. Setelah elaborasi lebih lanjut, dapat diketahui bahwa kawasan Indo-Pasifik terancam karena adanya aliansi AUKUS dan kerjasama keamanan kapal selam nuklirnya yang dapat memunculkan adu kekuatan negara besar dan perlombaan senjata nuklir yang mana hal ini dapat mengancam kestabilan dan keamanan di kawasan Indo-Pasifik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: AUKUS, Indo-Pasifik, Kapal selam nuklir, China, International relations, Security, International, South China Sea, Indo-Pacific Region, Fleet ballistic missile weapons systems, Nuclear submarines
Subjects: Ordnance / artillery > Underwater Ordnance
Social and Political Sciences > International Relations
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:25
Last Modified: 19 Jun 2024 03:25
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32422

Actions (login required)

View Item
View Item