Politik luar negeri Indonesia di bawah presiden Jokowi dalam kasus krisis politik di Myanmar tahun 2021

Agung, Jaya Bakti and Anna, Yulia Hartati (2022) Politik luar negeri Indonesia di bawah presiden Jokowi dalam kasus krisis politik di Myanmar tahun 2021. In: Prosiding Seminar Nasional Ilmu Politik dan Hubungan Internasional, 30 Agustus 2022, Semarang.

[thumbnail of 3025-390X_4_2022-11.pdf]
Preview
Text
3025-390X_4_2022-11.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong Indonesia membantu penyelesaian krisis politik di Myanmar. Indonesia sebagai salah satu negara tetangga Myanmar bersikap terhadap krisis politik yang terjadi Myanmar dengan membantu proses penyelesaian krisis tersebut. Pengambilan keputusan untuk membantu krisis politik Myanmar tersebut di inisiasi oleh presiden Indonesia Jokowi yang didorong oleh berbagai faktor dalam pengambilan keputusan tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, dengan pendekatan Decision Making Theory Richard C. Snyder, penelitian ini menemukan ada 2 (dua) faktor pendorong Indonesia dalam membantu penyelesaian krisis politik di Myanmar yaitu faktor internal yang berupa non-human environment dan human environtment, serta faktor eksternal yang berupa non-human environment dan other society.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Politik luar negeri Indonesia, Krisis politik, Myanmar, International relations, World politics, Presidents--Indonesia, Conflict management, National security--Southeast Asia
Subjects: Social and Political Sciences > Political Sciences
Social and Political Sciences > International Relations
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:55
Last Modified: 19 Jun 2024 02:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32420

Actions (login required)

View Item
View Item