Analisis terpilihnya perdana menteri Anthony Albanese (Partai Buruh) dan kebijakan luar negeri Australia tahun 2022

Anna, Yulia Hartati (2022) Analisis terpilihnya perdana menteri Anthony Albanese (Partai Buruh) dan kebijakan luar negeri Australia tahun 2022. In: Prosiding Seminar Nasional Ilmu Politik dan Hubungan Internasional, 30 agustus 2022, Semarang.

[thumbnail of 3025-390X_4_2022-5.pdf]
Preview
Text
3025-390X_4_2022-5.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Kemenangan Partai Buruh dalam pemilu Australia pada bulan Mei tahun 2022 membawa perubahan, atau setidaknya penyesuaian pada kebijakan luar negeri Australia. Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan kemenangan Partai Buruh pimpinan Anthony Albanese dalam pemilu Australia dan kebijakan luar negerinya. Tulisan ini merupakan hasil dari penelitian deskriptif kualitatif dengan studi dokumentasi. Penelitian menemukan bahwa ada bukti PM Albanese bersikap dalam isu perluasan pengaruh China di kawasan, penanganan perubahan iklim, dan hubungan Australia dengan Indonesia. Temuan dalam penelitian ini adalah pertama pemerintahan PM Albanese, menilai kebijakan China dan perannya yang asertif di kawasan Pasifik Selatan sebagai ancaman. Kedua, Isu perubahan iklim, akan memperkuat komitmennya dalam penanganan perubahan iklim yang selama ini disikapi secara lamban oleh pemerintahan Australia sebelumnya. Ketiga, sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat hubungan Australia dengan negara-negara tetangganya di kawasan, PM Albanese ingin mempererat hubungan negaranya dengan Indonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Partai Buruh, Pemilu Australia tahun 2022, PM Anthony Albanese, Kebijakan luar negeri, Political science, World politics, Political parties, International relations, Australian states--Politics and government
Subjects: Administration & Management > Public Administration & Government
Social and Political Sciences > Political Sciences
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:13
Last Modified: 14 Jun 2024 08:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32413

Actions (login required)

View Item
View Item