Kebijakan peningkatan kualitas pelayanan publik dalam rangka good governance Kota Semarang tahun 2019

Suharto, Suharto (2022) Kebijakan peningkatan kualitas pelayanan publik dalam rangka good governance Kota Semarang tahun 2019. In: Prosiding Seminar Nasional Ilmu Politik dan Hubungan Internasional, 30 agustus 2022, Semarang.

[thumbnail of 3025-390X_4_2022-2.pdf]
Preview
Text
3025-390X_4_2022-2.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview

Abstract

Kualitas pelayanan publik yang semakin baik dilihat dari sarana prasarana, sikap dan perilaku pelayanan, ketepatan dan efektifitas pelayanan dan kebijakan-kebijakan pelayanan yang didasarkan pada tata kepemerintahan yang baik (good governance) sangatlah diharapkan. Untuk itu perlu kiranya mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan publik mulai dari kebijakan-kebijakan yang ada sampai pada implementasi kebijakan di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah di wilayah Kota Semarang. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu kebijakan publik dan khususnya bagi policy maker dalam mengambil keputusan, dan diharapkan sebagai masukan sampai dengan implementasi kebijakan serta evaluasi kebijakan khususnya dalam pelayanan publik. Kebijakan pelayanan publik satuan kerja perangkat daerah di wilayah Kota Semarang berhasil mencapai hasil yang mendekati maksimal. Hal ini karena ketika standar operasional prosedur dan standar pelayanan minimal telah dijalankan oleh pemberi layanan dengan baik dengan memperhatikan berbagi indikator seperti sarana prasarana, daya tanggap, keakuratan pelayanan, keterbukaan, sikap perilaku yang baik, akses, understanding the customer dan kompetensi. Selain itu pelayanan publik oleh administrator pemerintahan yang baik tidak semata mata hanya ketersediaan faktor ekonomi, prinsip administrasi lainnya tetapi juga kriteria moralitas (etika). Oleh karena itu, etika pelayanan publik di kota Semarang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam rangka tata kepemerintahan yang baik (good governance).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Kualitas pelayanan publik, Good governance, Public administration, Corporate governance, Public services, Local government, Performance standards
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Police, Fire, & Emergency Services
Administration & Management > Public Administration & Government
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:26
Last Modified: 14 Jun 2024 07:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32410

Actions (login required)

View Item
View Item