Holy, Ichda Wahyuni and Sherli, Pentianasari and Imroatul, Khofifah and Hanny, Firstanianta and Widyahningrum, Febrianti (2023) Diskursus profesionalitas guru sekolah dasar pada pendidikan abad 21. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 23 (1): 9. pp. 88-98. ISSN 1412-5889
1412-5889_23_1_2023-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (280kB) | Preview
Abstract
Sumber daya manusia berkualitas merupakan kunci kemajuan suatu bangsa. Sebagai tenaga pendidik guru memiliki peranan penting dalam mengantarkan kualitas sumber daya suatu generasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru diharuskan memiliki profesionalitas. Profesi keguruan dapat digolongkan sebagai profesi karena telah memenuhi kriteria baik dalam keahlian maupun proses pemerolehannya yang didapatkan melalui pendidikan tinggi. Seorang guru yang dikatakan profesional apabila guru tersebut memiliki kualitas pembelajaran yang tinggi. Pendidikan abad 21 dengan menghendaki profesionalisme guru melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang melek kemajuan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hakikat profesionalitas guru, kriteria dan manfaat profesionalitas guru, serta prinsip pengembangan profesionalitas guru. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau studi kepustakaan (library research). Guru yang professional menurut Undang undang Republik Indonesia nomor 14 pasal 10 tahun 2005 adalah guru yang memiliki kompetensi yang pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Sementara itu, profesionalitas guru pada pendidikan abad 21 menekankan pada kompetensi problem solving dan literasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalitas, Guru, Pendidikan abad 21, Teachers, Human resources development, Professional personnel, Educational aspects |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 06:55 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 06:55 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/32394 |