Zindagi, Mahara Effendy and Yopi, Lutfi Subargo and Edy, Santoso and Yarno, Yarno (2023) Perkembangan sosial tokoh Anna dalam film “When Marnie Was There”: Perspektif psikososial. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 23 (1): 8. pp. 76-87. ISSN 1412-5889
1412-5889_23_1_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (425kB) | Preview
Abstract
Film dapat dijadikan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan dalam bentuk visual. Terdapat makna substantif yang dapat dieksplorasi pada setiap sekuel adegan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan perkembangan sosial yang dialami oleh tokoh utama, Anna dalam film animasi berjudul “When Marnie was There†menggunakan pendekatan psikososial dengan teori Psikososial Erik Erikson. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif naratif dengan unit kajiannya berupa performansi adegan yang memiliki keterkaitan dengan konteks psikis dan sosial tokoh utama. Teknik pengumpulan data didapat dengan cara menyimak keseluruhan adegan, menglasifikasikan adegan yang berhubungan konteks psikis dan sosial, menganalisis data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama Anna telah melewati empat tahapan perkembangan sosial yaitu: 1) tahapan kepercayaan vs kecurigaan, 2) Otonomi vs perasaan malu, 3) Inisiatif vs kesalahan, dan 4) Kerajinan vs inferioritas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan sosial, Psikososial, When Marnie was There, Psychosocial factors, Psychosocial development, Anna Sasak |
Subjects: | Social and Political Sciences > Psychology Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 06:04 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 06:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/32393 |