Meta analisis pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap hasil pembelajaran matematika

Siti, Fatmawati and Chusnal, Ainy and Sandha, Soemantri (2023) Meta analisis pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap hasil pembelajaran matematika. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 23 (1): 6. pp. 48-64. ISSN 1412-5889

[thumbnail of 1412-5889_23_1_2023-6.pdf]
Preview
Text
1412-5889_23_1_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (411kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan dalam menalar analogi matematis bagi peserta didik. Atas permasalahan yang terjadi peneliti akan mendeskripsikan, menganalisis peningkatan penalaran analogi matematis bagi peserta didik menggunakan metode pembelajaran dengan pendekatan Metaphorical Thinking. Metode penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-analitik dan teknik pengumpulan data berupa studi literatur dan analisis isi sehingga data yang didapatkan akan dilakukan penelitian mendalam untuk dapat memperoleh hasil dari penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan menggunakan pendekatan Metaphorical Thinking berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan penalaran analogi matematik siswa dibandingkan dengan yangmenggunakan pembelajaran konvensional, sehingga metode pembelajaran dalam pendekatan Metaphorical Thinking menjadi salah satu pendekatan terbaik jika dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analogi, Kemampuan penalaran, Metaphorical thinking, Mathematics education, Learning methods, Cognitive processes
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:27
Last Modified: 20 Feb 2024 07:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32387

Actions (login required)

View Item
View Item