Eandroid fisika pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran fisika

Annisa, Rahmah and Dewi, Muliyati (2023) Eandroid fisika pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran fisika. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, Dan Terapan Teknologi, 1 (1): 5. pp. 37-44. ISSN 2964-7622

[thumbnail of 2964-6014_1_1_2022-5.pdf]
Preview
Text
2964-6014_1_1_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (305kB) | Preview

Abstract

Peserta didik di abad-21 termasuk ke dalam generasi Z atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gen Z. Satu hal yang menonjol adalah kemampuan Gen Z memanfaatkan perubahan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Tidak heran jika peserta didik mencari sumber belajar yang berpatokan pada aplikasi. Pada era digital mengembangkan aplikasi berbasis android sangat mudah untuk dipelajari. peneliti ingin mengembangkan aplikasi pembelajaran fisika berbasis android yang gratis dan juga layak digunakan untuk siswa. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE terbagi menjadi lima tahap yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Model ADDIE merupakan model pengembangan umum yang dapat digunakan sebagai petunjuk dalam tingkatan yang cukup tinggi untuk pengembangan desain pembelajaran, teknisi software dan juga pengembangan media pembelajaran. Materi yang dikembangkan dalam produk adalah Suhu dan Kalor. Aplikasi yang dikembangkan memuat teks yang berisi materi pembelajaran didukung dengan ilustrasi dalam bentuk gambar, grafik, tabel, dan video. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan contoh soal dan soal latihan. Produk yang dikembangkan memiliki keunggulan yaitu dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba lapangan dapat disimpulkan bahwa aplikasi android layak digunakan sebagai bahan ajar. Adapun nilai yang diperoleh dari uji validasi adalah sebagai berikut ahli media didapatkan capaian sebesar 77,33% dan ahli materi didapatkan capaian sebesar 83,28%. Sedangkan untuk hasil uji lapangan diperoleh nilai 80,28%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Android, Aplikasi, Pembelajaran fisika , Teaching materials, Physics education
Subjects: Physics
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Mr. Jaenudin -
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:33
Last Modified: 11 Mar 2025 03:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32332

Actions (login required)

View Item
View Item