Strategi kreatif iklan billboard produk “Sasa MSG” dalam mengubah stigma negatif

Wegig, Murwonugroho and Ajeng, Shafa Andhita Nugroho and Ester, Leonardi and Wegig, Murwonugroho (2023) Strategi kreatif iklan billboard produk “Sasa MSG” dalam mengubah stigma negatif. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 23 (2): 8. pp. 130-138. ISSN 2721-5695

[thumbnail of 2721-5695_23 _2_2023-8.pdf]
Preview
Text
2721-5695_23 _2_2023-8.pdf - Published Version

Download (823kB) | Preview

Abstract

Bumbu masak “Sasa MSG” pada dekade terakhir ini ditengarai mengandung bahan yang tidak sehat bagi tubuh. Terdapat iklan media luar ruang (billboard) yang berusaha mengedukasi masyarakat guna menepis pandangan negatif. Visualisasi iklan menampilkan berbagai daya tarik mulai dari tampilan anak remaja kekinian, kalimat nyeleneh, hingga ikan cupang yang sedang marak di kalangan masyarakat. Respons masyarakat terhadap media luar ruang tersebut sangat antusias, terlihat dari ramainya perbincangan di media sosial seperti Twitter dan Instagram. Permasalahan muncul di saat masyarakat hanya fokus terhadap daya tarik yang ditampilkan dan tidak peduli dengan pesan yang ingin disampaikan. Metode penelitian menggunakan semiotika Saussure. Dalam analisis pembahasan ditemukan, bahwa menampilkan hal-hal kekinian berhasil menarik perhatian masyarakat, akan tetapi pesan yang ingin disampaikan tidak dapat tersampaikan dengan baik karena masyarakat hanya fokus pada hal-hal kekinian yang ditampilkan. Simpulan dari artikel ini diketahui bahwa keunggulan dari media luar ruang telah berhasil memikat banyak perhatian masyarakat namun kegagalan dari media luar ruang adalah sulitnya untuk menyampaikan pesan dengan baik dan efektif kepada masyarakat. Strategi yang paling tepat guna mengangkat produk yang mengalami citra negatif adalah dengan cara membuat kalimat yang singkat namun informatif dan tidak menampilkan hal-hal kekinian hanya sebagai daya tarik tetapi juga sebagai sarana informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Citra negatif, Media luar ruang, Pesan, Strategi, Visual, Visual programming (computer science), Visualization
Subjects: Communication > Communication & Information Theory
Computers, Control & Information Theory > Pattern Recognition & Image Processing
Depositing User: Mr. Jaenudin -
Date Deposited: 11 Mar 2025 02:43
Last Modified: 11 Mar 2025 02:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32226

Actions (login required)

View Item
View Item