Arrohim, Dwi Ksatria and Deni, Arifianto and Syarif, Hidayatullah (2023) Sistem pendukung keputusan siswa berprestasi menggunakan metode Weighted Product (WP) (Studi kasus SMK Al-Qodiri Jember). Jurnal Smart Teknologi, 4 (6): 4. pp. 734-742. ISSN 2774-1702
2774-1702_4_6_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (551kB) | Preview
Abstract
Penentuan siswa berprestasi siswa di SMK Al-Qodiri Jember umumnya menggunakan cara konvensional yaitu berdasarkan pada nilai rata-rata raport dan proses penilaian membutuhkan waktu lama dalam menentukan siswa berprestasi. Selain itu, cara tersebut dapat memunculkan unsur subyektivitas dalam memberikan penilaian. Untuk memecahkan masalah tersebut, dibutuhkan suatu metode yang dapat menyelesaikan masalah tersebut salah satunya diantaranya weighted product. Alasan dalam penggunaan metode tersebut adalah tidak adanya subkriteria jika dibandingkan metode yang lain. Disamping itu, metode ini memungkinkan pengguna untuk menentukan bobot dari masing-masing kriteria sebagai bahan pertimbangan. hasil dari sistem ini diharapkan menghasilkan output dari hasil proses sistem pendukung keputusan, sistem yang memudahkan pengguna dan memiliki hasil akurat dan tepat.Berdasarkan penelitian dengan metode weighted product adalah dari 20 jumlah siswa yang diproses dengan input nilai maupun kriteria sehingga dapat diketahui bahwa siswa yang bernama Ayu ningsih dengan nilai dari vektor V adalah 0,06847. Sehingga diharapkan dapat menjadi solusi maupun pertimbangan dalam pemilihan siswa berprestasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem pendukung keputusan, Weighted product, Siswa berprestasi, Decision support system, Academic achievement, Vocational education, Vocational school students |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Syifa Naufal Qisty |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:25 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:25 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/31648 |