Masita, Erfina Hadi and Deny, Arifianto and Qurota, A’yun (2023) Klasifikasi gaya belajar menggunakan algoritma C5.0. Jurnal Smart Teknologi, 4 (6): 3. pp. 725-733. ISSN 2774-1702
2774-1702_4_6_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (546kB) | Preview
Abstract
Mempelajari gaya belajar pada setiap siswa merupakan salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan proses belajar. Apabila siswa telah mengetahui gaya belajar dan metode terbaik untuk membantu belajarnya, hal tersebut akan meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami sesuatu. Terdapat 3 modalitas (tipe) dalam gaya belajar yaitu Visual, Auditori dan Kinestetik. Pelajar visual belajar melalui apa yang mereka lihat, auditori, mengandalkan kesuksesan belajarnya melalui telinga dan Kinestetik belajar lewat gerak dan menyentuh. Ditemukan masalah bahwa siswa kelas 7 SMPN 2 Jember memiliki gaya belajar siswa yang berbeda-beda, terdapat beberapa siswa yang kurang berkonsentrasi saat pelajaran berlangsung dan ada siswa yang juga kesulitan mengerjakan latihan, sehingga hal tersebut membuat siswa belum dapat memaksimalkan dalam proses belajar. Adapun algoritma yang digunakan untuk menganalisa dan mengolah data, yaitu algoritma C5.0. Dengan mengimplementasikan Algoritma C5.0, dimungkinkan untuk membantu mengelomppokkan gaya belajar dominan dengan mudah. Berdasarkan 5 kali pengujian untuk gaya belajar siswa SMPN 2 Jember dengan rapid miner menggunakan metode decision tree C5.0, diperoleh akurasi terbesar sebesar 66,92% dengan menggunakan confusion matrix.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Data Mining, Algoritma C5.0, Decision Tree, Confusion matrix |
| Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
| Depositing User: | Syifa Naufal Qisty |
| Date Deposited: | 17 Feb 2025 03:25 |
| Last Modified: | 17 Feb 2025 03:25 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/31647 |


