Kualitas kryopreservasi semen rusa bawean (Axis kuhlii) hasil penangkaran

Wirdateti, Wirdateti and R., Taufiq P. Nugraha and G., Semiadi and Yulianto, Yulianto (2013) Kualitas kryopreservasi semen rusa bawean (Axis kuhlii) hasil penangkaran. Technical Report. Pusat Penelitian Biologi-LIPI, Cibinong.

[thumbnail of 38. Laporan Teknik Pusat Penelitian Biologi LIPI_2013_Wirdateti_1140 - 1149.pdf]
Preview
Text
38. Laporan Teknik Pusat Penelitian Biologi LIPI_2013_Wirdateti_1140 - 1149.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Rusa bawean (Axis kuhlii) adalah jenis rusa endemik untuk pulau Bawean. Status rusa ini adalah dilindungi dan dalam IUCN termasuk kategori Critically Endangered. Guna mempertahankan keberadaan satwa ini perlu dilakukan berbagai upaya konservasi, yang salah satunya adalah konservasi plasmanutfah berupa pembekuan semen (kryopreservasi). Penelitian kryopreservasi pada rusa Bawean dilakukan di penangkaran rusa di Loka Sapi Potong, Badan Penelitian Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, Grati, Pasuruan, menggunakan dua ekor jantan dewasa dan dua ekor jantan remaja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas dan kuantitas sperma rusa Bawean hasil penangkaran berdasarkan kelompok umur untuk dapat disimpan dalam bentuk semen beku guna kepentingan konservasi dan pemanfaatan dimasa datang. Penampungan sperma didahuluidengan pembiusan total menggunakan campuran Xylazine dan Ketamin. Koleksi sperma dilakukan menggunakan alat elektroejakulator dengan ukuran probe diameter 2cm dan panjang 17 cm. Larutan extender yang digunakan adalah Tris Glycerol. Hasil penelitian hanya mendapatkan semen dari dua pejantan dewasa dengan motilitas sperma adalah 50-60%, dengan konsentrasi sperma 500-1140 x 106sel/ml.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Bawean deer, Axis kuhlii, Sperm, Cryopreservation, Cervidae, Spermatozoa, Biological preservation, Freezing
Subjects: Zoology
Medicine & Biology > Physiology
Depositing User: - Lukman Budiman
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:03
Last Modified: 15 Dec 2023 04:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/31423

Actions (login required)

View Item
View Item