Penggunaan model value clarification technique berbantuan question card untuk meningkatkan sikap sosial

Yola, Priasmi Saputri (2023) Penggunaan model value clarification technique berbantuan question card untuk meningkatkan sikap sosial. Indonesian Journal of Education and Development Research, 1 (1): 4. pp. 25-33. ISSN 3025-2385

[thumbnail of 3025-2385_1_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
3025-2385_1_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya sikap sosial peserta didik pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 010 Langgini. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model value clarification technique (VCT) berbantuan question card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap sosial peserta didik dengan menggunakan model value clarification technique (VCT) berbantuan question card pada peserta didik kelas V SD Negeri 010 Langgini. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Subjek penelitian ini peserta didik kelas V yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model value clarification technique (VCT) berbantuan question card dapat meningkatkan sikap sosial pada kelas V SD Negeri 010 Langgini. Pada siklus 1 pertemuan I hasil sikap sosial 41,67% dan pada pertemuan II hasil sikap sosial 50%. Selanjutnya pada siklus 2 pertemuan I hasil sikap sosial 58,33% dan di pertemuan II dengan persentase 83,33%. Dari 12 orang peserta didik hanya 10 orang peserta didik yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model value clarification technique (VCT) berbantuan question card dapat meningkatkan sikap sosial pada pembelajaran IPS peserta didik kelas V SD Negeri 010 Langgini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sikap Sosial, Value Clarification Technique (VCT), Question Card
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 17 Feb 2025 03:39
Last Modified: 17 Feb 2025 03:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/31307

Actions (login required)

View Item
View Item