Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan minat belajar

Ririn, Nadia Putri (2023) Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan minat belajar. Indonesian Journal of Education and Development Research, 1 (1): 3. pp. 17-24. ISSN 3025-2385

[thumbnail of 3025-2385_1_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
3025-2385_1_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 007 Sipungguk, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS lingkungan sahabat kita menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Mei 2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 26, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Hal ini sebelum dilakukan tindakan minat belajar siswa siswa adalah 42,31%. setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 61,53%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,61%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS materi lingkungan sahabat kita SDN 007 Sipungguk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa, Model Student Facilitator and Explaining
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 17 Feb 2025 03:39
Last Modified: 17 Feb 2025 03:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/31306

Actions (login required)

View Item
View Item