Wahyu, Untoro and I Putu, Satwika and Anak Agung, Ayu Putri Ardyant and Wawan, Sujarwo (2019) Perancangan game Bedugul Forest dengan metode pengembangan multimedia Luther-Sutopo. Andharupa, 5 (2). pp. 276-290. ISSN 2477-3913
Jurnal_Wawan_Pusat Riset Ekologi dan Etnobiologi_52276290.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Game adalah salah satu cara yang dilakukan beberapa orang untuk merasakan kesenangan. Tidak hanya itu, game juga bermanfaat sebagai sarana untuk belajar. Game edukasi memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan pemahamaan siswa agar tertarik belajar hal-hal baru, termasuk belajar mengenai pengenalan Budaya Bali ke masyarakat umum tanpa menghilangkan sisi edukasi sejarah. Museum Panca Yadnya adalah sebuah museum yang berada di kawasan Kebun Raya Eka Karya Bali. Menurut penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, Kunjungan wisatawan tidak menentu ke objek wisata Kebun Raya Eka Karya. Oleh karena hal tersebut, peneliti merasa perlu untuk membuat sebuah game yang memperkenalkan museum Panca Yadnya kepada masyarakat umum. Dalam pembuatan game, salah satu metode yang digunakan adalah metode Luther-Sutopo dengan penambahan tahapan maintenance. Berdasarkan kombinasi metode perancangan game tersebut dibuatlah game Bedugul Forest yang mengangkat tema Museum Panca Yadnya Kebun Raya Eka Karya. Adapun setelah diuji kepada pengguna secara langsung, game Bedugul Forest mendapatkan penilaian rata-rata sangat baik dari semua aspek yang diujikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Validated by Sri Wulan |
Uncontrolled Keywords: | Bali, Bedugul forest, Game edukasi, Museum, Multimedia, Educational games |
Subjects: | Medicine & Biology Medicine & Biology > Ecology |
Divisions: | OR_Hayati_dan_Lingkungan > Ekologi_dan_Etnobiologi |
Depositing User: | - Patmiati - |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 07:16 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 07:16 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/30914 |