Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan debat siswa kelas X SMA Negeri 2 Kutacane

Nila, Nailupar and Ati, Rosmiati and Lusi, Selvia Fitri (2022) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan debat siswa kelas X SMA Negeri 2 Kutacane. Tuwah Pande, 1 (1). pp. 200-214. ISSN 2963-7953

[thumbnail of 2963-7953_1_1_2022-15.pdf]
Preview
Text
2963-7953_1_1_2022-15.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (166kB) | Preview

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Debat Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kutacane. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi hubungan kausal. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes untuk kerja pada kelas menjawab soal kosakata dan melakukan debat. Sampel dalam penelitian ini 52 siswa. Hasil penelitian penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 2 Kutacane dilihat dari 3 tingkatan penilaian yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Siswa yang memiliki tingkat penguasaan kosakata dengan kategori tinggi sebanyak 5 siswa (15,4 %), sedangkan siswa yang memiliki tingkat penguasaan kosakata dengan kategori sedang sebanyak 15 siswa (28,8%) dan yang memiliki kategori rendah sebanyak 29 siswa (55,8%). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penguasaan kosakata siswa berada pada kategori sedang. Interpretasi dari rumus least square nilai a dan b untuk mengetahui sejauh mana pengaruh yang diperkirakan antara penguasaan kosakata dengan debat dengan rumus regresi linear sederhana Y=0,01+0,0012X adalah koefisien regresi variabel penguasaan kosakata (X) memiliki tanda positif, yaitu mengandung implikasi bahwa penguasaan kosakata (X) berpengaruh terhadap kemampuan debat siswa (Y). Hasil dari uji F, diketahui bahwa Fhitung penguasaan kosakata sebesar 0,0067 sedangkan Ftabel sebesar 7,16. Fhitung lebih kecil dari Ftabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya =tidak signifikan. Kesimpulannya berarti penelitian ini membuktikan hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh dan tidak signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan debat siswa kelas X SMA Negeri 2 Kutacane. Korelasi X dan Y dikategorikan memiliki hubungan yang lemah berdasarkan hasil uji rumus regresi linear sederhana dan berdasarkan uji signifikansi hasilnya menunjukan thitung < ttabel atau 0,0067 < 1,67 yang berarti tidak signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Debat, Vocabulary, Debates and debating
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: I Made Budhi Gautama
Date Deposited: 22 Nov 2023 11:01
Last Modified: 22 Nov 2023 11:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/30668

Actions (login required)

View Item
View Item