Analisis kreativitas musikalisasi puisi melalui model cooperative learning oleh siswa kelas XI DI SMA Negeri 1 Darul Hasanah

Ardila, Wahyuni and Lusi, Selvia Fitri and Rekaza, Akbar (2022) Analisis kreativitas musikalisasi puisi melalui model cooperative learning oleh siswa kelas XI DI SMA Negeri 1 Darul Hasanah. Tuwah Pande, 1 (1). pp. 185-199. ISSN 2963-7953

[thumbnail of 2963-7953_1_1_2022-14.pdf]
Preview
Text
2963-7953_1_1_2022-14.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (188kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil kreativitas musikalisasi puisi melalui model cooperative learning di SMAN 1 Darul Hasanah. Metode yang digunakan metode deskriptif yang diambil dari jenis penelitian kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI berjumlah 35 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS yang berjumlah 10 siswa di SMAN 1 Darul Hasanah. Teknik pengumpulan data di antaranya data primer yang terdiri dari unjuk kerja, wawancara, dan observasi, sedangkan data sekunder hanya dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata hitung untuk menghitung hasil dari unjuk kerja serta menggunakan rubrik penilaian, sedangkan observasi menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian latihan permata, di antaranya Melodi mencapai nilai 75 karena telah memainkan gitar akord-akor mayor dan minornya dengan baik. Tempo yang dimainkan adalah Andante dan seluruh pemain secara keseluruhan telah mengikuti tempo dari pemain perkusinya dengan baik sehingga diberi nilai 80. Warna suara yang dihasilkan dari setiap alat musik, sudah sesuai dengan karakternya sehingga diberikan nilai 80. Harmoni permainan musiknya sudah menyatu baik sehingga diberi nilai 75. Artikulasinya sudah jelas sehingga diberikan nilai 80. Pitch yang diterapkan dalam vokal sudah tepat nadanya sedangkan gitar masih sedikit salah sehingga diberikan nilai 75. Frase sudah baik ketika membaca dan menyanyikan puisi sehingga diberi nilai 80. Interpretasinya sudah baik dan penjiwaannya juga baik sehingga diberi nilai 80.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Musikalisasi Puisi, Model Cooperative Learning, Upper secondary education, Cooperative learning, Poetry
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: I Made Budhi Gautama
Date Deposited: 22 Nov 2023 11:34
Last Modified: 22 Nov 2023 11:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/30666

Actions (login required)

View Item
View Item