Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui pembinaan supervisi klinis kepala Madrasah MTs Muhammadiyah Lempangang

Haerani, Haerani (2023) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui pembinaan supervisi klinis kepala Madrasah MTs Muhammadiyah Lempangang. Student Research Journal, 1 (1): 15. pp. 174-188. ISSN 2964-3260

[thumbnail of 2964-3260_1_1_2023-15.pdf]
Preview
Text
2964-3260_1_1_2023-15.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview

Abstract

Pengawasan yang dilakukan oleh kepala madrasah pada pada intinya yaitu melakukan pembinaan, bimbingan untuk memecahkan masalah pendidikan. Fakta dilapangan menunjukan bahwa kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah belum menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi guru. Kegiatan ini justru membuat guru masih takut karena mereka menganggap kegiatan tersebut mencari kesalahan guru. Selain itu, kegiatan supervisi yang dilaksanakan oleh kepala madrasah belum terlihat umpan balik dari pelaksanaan tersebut. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas pembinaan supervisi klinis kepala madrasah upaya meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif pada MTs Muhammadiyah Lempangang tahun pelajaran 2020- 2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan kinerja guru terhadap daya serap kelompok pada Siklus I, II, dan III sebesar 72,86%; 82,30%; dan 91,20%. Sedangkan peningkatan kinerja guru ketuntasan kelompok pada Siklus I, II, dan III sebesar 46,15%; 69,23%; dan 100,00%. Dan peningkatan kinerja guru terhadap daya serap individu pada Siklus I, II, dan III sebanyak 6, 9, dan 13 guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembinaan supervisi klinis kepala madrasah dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif. Selain itu juga, pembinaan supervisi klinis kepala madrasah sangat efektif untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru, Pembelajaran efektif, Supervisi klinis
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 17 Feb 2025 03:30
Last Modified: 17 Feb 2025 03:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/30483

Actions (login required)

View Item
View Item