Pengaruh kualitas pelayanan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih

Bambang, Surahman (2022) Pengaruh kualitas pelayanan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 4 (1): 6. pp. 59-73. ISSN 2809-9400

[thumbnail of 2809-9400_4_1_2022-6.pdf]
Preview
Text
2809-9400_4_1_2022-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (744kB) | Preview

Abstract

Proses pelaksanaan pelayanan yang diberikan oleh Fakultas Teknik masih terdapat beberapa masalah yang cukup signifikan sehingga menurunkan tingkat kepuasan-mahasiswa Program Studi Teknik Informatika terhadap pelayanan administrasi Fakultas Teknik UGP. Permasalahan antara lain pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang-terlalu lama sehingga terjadi ada pergerakan aktivis mahasiswa UGP yang mendesak pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk-mengetahui dan mengukur kualitas pelayanan administrasi yang mempengaruhi kepuasan pada Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih. Hipotesis penelitian ini adalah-diduga kualitas pelayanan adminsitrasi mempengaruhi kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif,-dengan alat analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), dan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda yang dihasilkan Y = 1,024 + 0,096X1 + 0,115X2 + 0,221X3 + 0,118X4 + 0,057X5. Jika variabel daya tanggap (X1), jaminan (X2), wujud langsung (X3), empati (X4) dan kehandalan (X5) sama dengan nol, maka nilai kepuasan mahasiswa sebesar 1,024. Setiap penambahan 1 poin variabel kualitas pelayanan tersebut akan diikuti dengan menaiknya kepuasan mahasiswa. Uji koefisien determinasi (R2), nilai adjusted R square adalah 0,935, hal ini-menunjukan bahwa 93,5% kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan (daya tanggap, jaminan, wujud langsung, empati, dan kehandalan). Sisanya 6,5% disebabkan oleh pengaruh variabel lain yang tidak masuk dalam kajian. Secara parsial menggunakan uji t, dari hasil pengujian terhadap koefisien regresi dengan thitung didapat nilai thitung daya tanggap sebesar 2,342 (X1) > 1,663, jaminan (X2) 2,659 > 1,663, wujud langsung (X3) 3,237 > 1,663, empati (X4) 3,776 > 1,663, dan kehandalan (X5)-2,127 > 1,663. Dengan demikian variabel kualitas pelayanan adminsitrasi (daya tanggap, jaminan, wujud langsung, empati, dan kehandalan) mempengaruhi signifikan secara parsial kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik UGP. Secara simultan dengan menggunakan uji F, dari uji Anova dapat diketahui nilai Fhitung sebesar 6,427 > Ftabel sebesar 2,320, terletak di daerah penolakan sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Hal itu berarti kualitas pelayanan administrasi (daya tanggap, jaminan, wujud langsung, empati, dan kehandalan) mempengaruhi signifikan secara simultan kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik UGP.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Administrasi, Kepuasan Mahasiswa
Subjects: Health Resources > Agency Administrative & Financial Management
Urban & Regional Technology & Development > Social Services
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 17 Feb 2025 07:12
Last Modified: 17 Feb 2025 07:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/30145

Actions (login required)

View Item
View Item