Pengaruh kinerja pelayanan pegawai terhadap kepuasan pasien di UPTD Puskesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah

Sulastri, Sulastri and Abd., Djalil and Erna, Erna (2021) Pengaruh kinerja pelayanan pegawai terhadap kepuasan pasien di UPTD Puskesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 4 (1): 3. pp. 23-37. ISSN 2809-9400

[thumbnail of 2809-9400_4_1_2022-3.pdf]
Preview
Text
2809-9400_4_1_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (402kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja pelayanan pegawai terhadap kepuasan pasien di UPTD Puskesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah. Dengan variabel kualitas pelayanan (X1), kuantitas pelayanan (X2), penggunaan waktu dalam kerja pelayanan (X3), kerja sama dengan orang lain dalam bekerja pelayanan (X4) memperngaruhi Kepuasan pasien (Y). Metode pengumpulan data, melalui metode kepustakaan menyangkut kebutuhan teori, refrensi, dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian, selanjutnya melakukan penelitian lapangan melalui observasi wawancara dan menyebabkan angket berupa quisioner dengan jumlah sampel 60 pegawai UPTD Pukesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah. Metode analisa data, menggunakan pendekatan regresi berganda dengan variabel (X1) kualitas pelayanan, (X2) kuantitas pelayanan, (X3) penggunaan waktu dalam kerja, (X4) kerja sama dengan orang lain dalam bekerja. Hasil analisa data, dengan persamaan regresi berganda Y = 1.307 + 0.012X1 + 0.351X2 + 0.606X3 + 0.159X4, secara umum semua variabel bebas berpengaruh dn signifian antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). uji parsial semua variabel bebas berpengaruh dan signifikan. Kesimpulan, bahwa variabel X1, X2, X3, dan X4 berpengaruh signifian terhadap kepuasan pasien. Koefisien determinasi (r²) menunjukan angka 0.589 (59.9%) terhadap variasi hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, sisanya 0411. atau (41.1%) dipengaruhi oleh variabel faktor lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pelayanan; Kepuasan Pasien; Puskesmas
Subjects: Administration & Management > Public Administration & Government
Urban & Regional Technology & Development > Health Services
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 17 Feb 2025 07:11
Last Modified: 17 Feb 2025 07:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/30105

Actions (login required)

View Item
View Item