Andriani, Andriani and Lia, Rista and Rifki, Rifki (2023) Peningkatan kemampuan pemahaman siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 2 (1): 5. ISSN 2829-9000
2829-9000_2_1_2023-5.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Swasta Al Fhattani yang terdiri atas dua kelas. Sebagai sampel terpilih kelas XIIA SMA Swasta Al Fhattani sebagai kelas eksperimen dan kelas XII B sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dengan menggunakan tehnik random sampling class, dimana sampel yang dipilih mewakili populasi. Data diperoleh dari 32 siswa kelas XII SMA Swasta Al Fhattani yang memperoleh pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian adalah pretes dan postes berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Data hasil penelitian yang telah dikumpulkan berupa hasil pretes dan protes dan lembar observasi. Hasil analisis menunjukkan Analisis data dilakukan terhadap rataan n-gain ternormalisasi dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model Project Based Learning (PjBL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project based learning Model pembelajaran, Kemampuan pemahaman siswa, Project based-learning, Academic achievement |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 03:37 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 03:37 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/29794 |