Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi menggunakan media infokus pada siswa kelas X SMKN 3 Lhoksumawe

Sitti, Aminah and Nurmalawati, Nurmalawati (2023) Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi menggunakan media infokus pada siswa kelas X SMKN 3 Lhoksumawe. Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 2 (1): 4. pp. 29-38. ISSN 2829-9000

[thumbnail of 2829-9000_2_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
2829-9000_2_1_2023-4.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas pendidik ketika mengunakan metode pembelajaran, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan media infokus pada siswa kelas X SMK N 3 Lhokseumawe. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksprimen jenis metode dalam penelitian ini mengunakan metode pra eksprimen dengan desain penelitian pre test dan pos test Control Group Design yang dilakukan di SMKN 3 Lhokseumawe, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 3 Lhokseumawe, Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyank dua kelas yaitu kelas X1 OTKP dan kelas X2 yang siswanya masing- masing berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes. Data hasil tes dianalisis dengan mengunakan rumus uji- t. Hasil uji-t didapatkan t hitung = 2,16 dengan dk =25 pada tariff signifikan r = 0,05, dari table distribusi didapatkan t(0,95)(25 ) = 2,060 dimana t hitung> t tabel yaitu 2,16>2,06. Sehingga menunjukan bahwa hipotesis Ho ditolak Ha diterima. Sedangkan nilai rata-rata pada per-test 69,23% kemudian pada post test meningkat menjadi 85,71%. Dapat disimpulkan bahwa adanya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Media Infokus di kelas Eksprimen dalam proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Khususnya pada pembelajaran Teks Narasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis, Media infokus, Vocational education, Writing skills
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:50
Last Modified: 06 Nov 2023 03:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/29791

Actions (login required)

View Item
View Item