Strategi pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam meningkatkan pendapatan asli desa (studi kasus: Desa Bojonggede kecapatan Bojonggede kabupaten Bogor)

Nasdar, Wijaya (2023) Strategi pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam meningkatkan pendapatan asli desa (studi kasus: Desa Bojonggede kecapatan Bojonggede kabupaten Bogor). Wahana Bina Pemerintahan, 5 (1): 4. pp. 42-56. ISSN 2477-4707

[thumbnail of 2477-4707_5_1_2023_4.pdf]
Preview
Text
2477-4707_5_1_2023_4.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
Official URL: http://www.stipan.ac.id

Abstract

Salah satu cara untuk menyukseskan pembangunan di desa adalah dengan meningkatkan pendapatan desa. Besar kecilnya pendapatan desa dipengaruhi oleh strategi yang dilakukan oleh BUMDES dalam mengelola dan memaksimalkan aset-aset yang ada di desa.Karena menurut Undang-undang no 6 tahun 2014 pasal 1 Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Desain penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif historis. Variabel yang diteliti adalah strategi BUMDes dan peningkatan pendapatan asli desa. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Informan yang diambil dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Direktur BUMDes, serta masyarakat desa bojonggede. Tulisan ini mendiskripsikan strategi pengelolaan yang dilakukan oleh BUMDES dalam meningkatkan pendapatan desa. Adapun strategi yang dilakukan oleh BUMDES bojonggede makmur, penyusunan strategi, pelaksanaan strategi. Strategi tersebut dilakukan oleh BUMDES Desa Bojonggede baik di bidang barang maupun jasa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pengelolaan yang telah dilakukan oleh BUMDes bojonggede makmur tidak dapat berjalan dengan baik karena BUMDes bojonggede makmur tidak dapat meningkatkan pendapatan asli Desa bojonggede pada tahun 2019.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Badan usaha milik desa, Pendapatan asli desa, Local revenue, Village-owned enterprises
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments
Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development
Economics and Business
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: Annisa Aninditya Setianingrum
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:06
Last Modified: 03 Nov 2023 07:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/29666

Actions (login required)

View Item
View Item