Analisis persaingan usaha dalam etika bisnis Islam di Kabupaten Jombang

Ririn, Susilawati and Moh., Imsin and Khoirotun, Nikmah (2021) Analisis persaingan usaha dalam etika bisnis Islam di Kabupaten Jombang. Akuntansi'45: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2 (2): 10. pp. 120-127. ISSN 2828-7215

[thumbnail of 2828-7215_2_2_2021-10.pdf]
Preview
Text
2828-7215_2_2_2021-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (721kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana persaingan usaha antar pedagang toko kelontong menurut etika bisnis Islam yang berada di Kabupaten Jombang dengan-menggunakan metode deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima aspek yang mempengaruhi kekuatan bersaing tersebut meliputi ancaman dari pendatang baru industri toko kelontong bersifat sedang, ancaman dari produk pengganti bersifat cukup kuat, kekuatan tawar menawar dari pemasok bersifat sedang, kekuatan tawar-menawar dari pembeli, dan persaingan kompetitif di antara anggota industri keduanya bersifat kuat. Dan hasil persaingan usaha toko kelontong di Kabupaten Jombang dalam etika bisnis islam termasuk kategori persaingan yang sehat dan tidak sehat. Untuk kategori sehat ada 80% pelaku usaha toko kelontong yang sesuai dengan etika bisnis Islam. Sedangkan untuk kategori tidak sehat ada 20% pelaku usaha toko kelontong yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Kewirausahaan, Persaingan Usaha
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Foreign Business & Economics
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 17 Feb 2025 07:11
Last Modified: 17 Feb 2025 07:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/29402

Actions (login required)

View Item
View Item