Analisis penanganan pengaduan konsumen pada situs konsumen Indonesia menggunakan metode K-Means Cluster

Risma, Petrus and Erma, Suryani and Makarius, Bajari (2023) Analisis penanganan pengaduan konsumen pada situs konsumen Indonesia menggunakan metode K-Means Cluster. Sammajiva, 1 (1). pp. 71-80. ISSN 2986-0415

[thumbnail of Sammajiva]
Preview
Text (Sammajiva)
2986-0415_1_1_2023_6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengaduan konsumen merupakan hak konsumen untuk menyampaikan keluhan atas sebuah layanan atau produk yang diberikan, atau dengan kata lain pengaduan merupakan ungkapan ketidakpuasan konsumen baik lisan atau tertulis yang disebabkan oleh adanya kerugian yang di alami oleh konsumen dan tidak dipenuhinya perjanjian yang telah di sepakati. Pemerintah sangat menyadari akan berbagai hal yang di alami oleh konsumen sebagai pengguna barang dan jasa. Melalui peraturan presiden Republik Indonesia nomor 50 tahun 2017 tentang strategi perlindungan konsumen dan melalui peraturan tersebut sektor terkait melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kinerjanya terkait dengan menindaklanjuti setiap pengaduan. Pengelompokan non hirarki menggunakan metode k-means adalah penempatan objek berdasarkan means kelompok terdekat. Melalui hasil olah data yang dilakukan melalui penelitian pada data pengajuan konsumen berdasarkan jenis pengaduan menunjukkan bahwa terjadi signifikansi pada semua variabel pengaduan masuk, pengaduan selesai, pengaduan dalam proses dengan tingkat signifikansi (sig) lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu ada perbedaan yang berarti dari cluster yang terbentuk yang berhubungan dengan semua variabel tersebut. Dan pada tabel nilai F terbesar adalah 355,957 yang menunjukkan bahwa pengaduan masuk padamasing-masing cluster berbeda. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin besar nilai F, maka semakin besar perbedaan cluster 1, cluster 2, cluster 3 untuk variabel yang
bersangkutan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode, K-Means, Penanganan pengaduan, Analisis Cluster
Subjects: Administration & Management
Economics and Business
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:28
Last Modified: 03 Jun 2025 03:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/29177

Actions (login required)

View Item
View Item