Genduk, Widayati (2023) Upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru melalui teknik Team Teaching Method (TTM) SD Negeri Kembanglimus. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, 4 (1). pp. 82-91. ISSN 2987-8462
2987-8462_4_1_2023-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (497kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar pada 8 orang guru di SD Negeri Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang pada Tahun Pelajaran 2021/2022 menggunakan Teknik Team Teaching Method. Guru yang profesional harus menguasai materi yang diajarkan dan menerapkan metode mengajar yang efektif. Keterampilan dasar mengajar sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memudahkan guru dalam mengenali siswa serta siswa memahami materi dengan baik. Namun, pada kenyataannya, masih banyak guru yang belum mencapai standar harapan dalam kualitas mengajar. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode Team Teaching. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas mengajar guru setelah penerapan Team Teaching Method. Pada siklus I, terdapat 3 guru dengan kategori sangat baik, 3 guru dengan kategori baik, dan 2 guru dengan kategori cukup. Pada siklus II, terjadi peningkatan dengan 7 guru mencapai kategori sangat baik dan 1 guru kategori baik. Secara keseluruhan, kegiatan Team Teaching Method berjalan dengan baik dan berdampak positif serta efektif dalam meningkatkan keterampilan mengajar para guru di SD tersebut.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Mengajar; Team Teaching Method; PTK. |
| Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
| Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
| Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:18 |
| Last Modified: | 03 Jun 2025 03:18 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28895 |


Dimensions
Dimensions