Karakter peserta didik era revolusi 5.0 di Indonesia

Apdoludin, Apdoludin and Randi, Eka Putra and Muhammad, Hakiki and Refli, Surya Utama (2023) Karakter peserta didik era revolusi 5.0 di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, 4 (1). pp. 40-47. ISSN 2987-8462

[thumbnail of Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi]
Preview
Text (Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi)
2987-8462_4_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (349kB) | Preview

Abstract

Kurangnya perhatian orang-orang terhadap perilaku belajar dan masyarakat yang kurang peka terhadap karakter peserta didik, hal ini dikarenakan kurangnya dorongan dari orang-orang yang ada di sekitar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan lingkungan yang postif terhadap karakter peserta didik sekolah dasar di Muara Bungo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik sekolah dasar di Muara Bungo sebanyak 4 orang peserta didik, dan juga 3 orang tua, 2 guru dan 4 informan tambahan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa pengumpulan data, reduksi data,
display data dan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini adalah peranan lingkungan positif dapat berpengaruh terhadap karakter peserta didik menjadi positif dan lingkungan sangat berperan bagi tumbuh kembang siswa, maka dari itu orang- orang yang berada dilingkungan peserta didik harus menjaga keharmonisan dan mengayomi siswa ke arah yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Teknologi Pendidikan; Peserta Didik
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:04
Last Modified: 03 Jun 2025 03:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28876

Actions (login required)

View Item
View Item