Peningkatan hasil belajar tematik dengan model pembelajaran Example Non Example di kelas IV SD N 223/II Rantau Embacang Muara Bungo

Fauziah, Fauziah and Suci, Rahayu (2023) Peningkatan hasil belajar tematik dengan model pembelajaran Example Non Example di kelas IV SD N 223/II Rantau Embacang Muara Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, 4 (1). pp. 33-39. ISSN 2987-8462

[thumbnail of Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi]
Preview
Text (Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi)
2987-8462_4_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (347kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tematik yang diupayakan melalui model pembelajaran example non example. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran example non example.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar berdasarkan lembar observasi guru yakni pada siklus I hasil observasi siswa pada pertemuan I adalah 70,31% dan 78,12% pada siklus II , pertemuan II adalah 71,87% dan 79,68% pada siklus II, pertemuan III adalah 75% dan 84,37% pada siklus II. Sudah di kategorikan baik pada siklus I dan sangat baik pada siklus II. Lembar observasi siswa yakni pada siklus I hasil observasi siswa pada pertemuan I adalah 60% dan 75% pada siklus II, pertemuan II adalah 71,66%, dan 78,33% pada siklus II pertemuan III adalah 75% dan 83,33% pada siklus II. Sudah di kategorikan baik pada siklus I dan sangat baik pada siklus II. Ketuntasan pada tes akhir yakni banyaknya siswa yang tuntas sebelum tindakan sebanyak 15 siswa (60% dari seluruh siswa). Setelah diberikan tindakan pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 16 siswa (64% dari seluruh siswa), dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas menjadi 20 siswa (80% dari seluruh siswa). Berdasarkan hasil penelitian di atas siswa harus fokus dalam proses pembelajaran menggunakan example non example, ini adalah model alternatif yang dapat dipakai guru dalam proses pembelajaran untuk dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa di dalam kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Tematik; Example Non Example.
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:03
Last Modified: 03 Jun 2025 03:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28874

Actions (login required)

View Item
View Item