Peningkatan hasil belajar IPS materi penguatan ekonomi maritim dan agrikultur di indonesia melalui model pembelajaran kooperatif learning /tipe STAD siswa kelas VIII SMP N 1 Borobudur

Handayani, Handayani (2023) Peningkatan hasil belajar IPS materi penguatan ekonomi maritim dan agrikultur di indonesia melalui model pembelajaran kooperatif learning /tipe STAD siswa kelas VIII SMP N 1 Borobudur. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, 4 (1). pp. 22-32. ISSN 2987-8462

[thumbnail of Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi]
Preview
Text (Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi)
2987-8462_4_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (348kB) | Preview

Abstract

Realitas menunjukkan bahwa hasil belajar IPS materi Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia masih belum optimal. Indikator dari kurang optimalnya peran siswa dalam pembelajaran antara lain: nilai siswa banyak yang tidak tuntas KKM; siswa kurang aktif dalam pembelajaran di dalam kelas; selama pembelajaran siswa tidak tertib; siswa kurang bersemangat dalam mengerjakan tugas; saat diskusi dilakssiswaan interaksi antar siswa kurang terbentuk; banyak siswa mengeluh bahwa materi Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia adalah materi yang menjenuhkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Cooperative Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Borobudur Tahun Pelajaran 2022/2023 menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 32 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 26 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 81,25%. Sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 30 siswa dengan presentase ketuntasan 93,75% Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Borobudur Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; IPS; Cooperative Learning; STAD.
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:01
Last Modified: 03 Jun 2025 03:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28860

Actions (login required)

View Item
View Item