Studi kelayakan usaha mikro kecil dan menengah Desa Bandung Kecamatan Pecalungan

Syamsuddin, Syamsuddin (2021) Studi kelayakan usaha mikro kecil dan menengah Desa Bandung Kecamatan Pecalungan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 1 (3): 2. pp. 11-16. ISSN 2827-8364

[thumbnail of 2827-8364_1_3_2021-2.pdf]
Preview
Text
2827-8364_1_3_2021-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mie ayam merupakan salah satu usaha mikro kecil dan menengah yang ada di kabupaten batang, Mie ayam Pak Daryoto merupakan salah satu pedagang mie ayam yang berjualan atau mangkal di depan masjid Nurul Hikmah Desa bandung Kecamatan pecalungan Kabupaten Batang, mie ayam ini sudah ada sejak tahun 2013 dan masih tetap bertahan sampai sekarang. Harganya yang ditawarkan mie ayam Moro Seneng sangat terjangkau membuat mie ayam Moro Seneng digemari oleh semua kalangan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan bisnis mie ayam Moro Seneng berdasarkan aspek pasar dan pemaaran, aspek teknis, aspek sumberdaya manusia dan aspek keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk menggambarkan aspek non finansial yakni aspek hukum, aspek teknis dan teknologi, aspek pasar dan aspek pemasaran, aspek sumber daya manusia, aspek manajemen dan aspek ekonomis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa setelah dianalisis aspek-aspek studi kelayakan bisnis dari aspek hukum, sumber daya manusia, manajemen, teknik dan teknologi, pemasaran dan keuangan, hasilnya menunjukkan bahwa bisnis ini layak untuk dijalankan. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi mie ayam Moro Seneng menggunakan media Facebook untuk melakukan promosi serta dapat melakukan pesan antar dengan media WhatsApp. Dengan begitu mie ayam Moro Seneng memiliki pangsa pasar yang luas tidak hanya berada dalam cakupan desa saja. Analisis pasar dan pemasaran menunjukkan bahwa prospek usaha mie ayam sangat baik, hal ini dilihat dari peningkatan jumlah permintaan setiap tahun. Harga yang terjangkau, dan strategi terkait bauran pemasaran yang sangat bagus.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: UMKM, Studi kelayakan, Aspek pemasaran, Sumberdaya manusia, Feasibility studies, Small business, Informal sector (Economics), Noodle soups, Human capital
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Minority Enterprises
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 May 2024 02:56
Last Modified: 29 May 2024 02:56
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28849

Actions (login required)

View Item
View Item