Peningkatan pendapatan pelaku UMKM di Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat melalui pelatihan strategi pemasaran dengan menggunakan aplikasi e-commerce

Agnes, Tambunan and Juli, Friska and M, Dede Yusuf and Nurul, Hanani and Riki, Thomas and Rosari, Serena and Ronaldo, Fransiskus and Rizqy, W Asmara (2022) Peningkatan pendapatan pelaku UMKM di Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat melalui pelatihan strategi pemasaran dengan menggunakan aplikasi e-commerce. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 1 (4): 9. pp. 63-76. ISSN 2964-5271

[thumbnail of 2964-5271_1_4_2022-9.pdf]
Preview
Text
2964-5271_1_4_2022-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (884kB) | Preview

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu kelompok UMKMkhususnya pelaku usaha UMKM di Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat yang mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya. Selama ini pelaku UMKM pada Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat menggunakan sistem pemasaran secara tradisional dimana pelaku UMKM hanya mengandalkan kunjungan pembeli sepanjang jalan lintas Medan-Aceh untuk membeli produk khas yang ditawarkan. Selain metode pemasaran yang masih tradisional, pelaku usaha UMKM juga masih kurang dalam hal literasi teknologi informasi khususnya literasi penggunaan media digital sebagai alternatif pemasaran yang kian berkembang pesat. Selain permasalahan di atas, pelaku usaha UMKM di Kecamatan Tanjung Pura juga belum maksimal dalam melakukan inovasi produk. Mengingat permasalahan-permasalahan di atas, Tim Pengabdian berupaya membantu mengatasi permasalahan di atas dengan memberikan edukasi dan pelatihan tentang manfaat penggunaan aplikasi e-commercedalam pemasaran produk dan membantu pembuatan toko online pada aplikasi e-commerce yakni Shopee. Pemasaran produk dengan e-commercediharapkan dapat membantu pelaku UMKMmengoptimalkan perkembangan media digital dalam rangka peningkatan penjualan produknya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Shopee, UMKM, Small and Medium Enterprise, Marketing, Business
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Minority Enterprises
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 21 May 2024 03:35
Last Modified: 21 May 2024 03:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28796

Actions (login required)

View Item
View Item