Internalisasi nilai dan karakter melalui budaya sekolah dengan kegiatan Jumat bersih di SMAN 8 Bekasi

Farida, Fitria and Yayat, Suharyat (2022) Internalisasi nilai dan karakter melalui budaya sekolah dengan kegiatan Jumat bersih di SMAN 8 Bekasi. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 1 (4): 2. pp. 9-19. ISSN 2964-5271

[thumbnail of 2964-5271_1_4_2022-2.pdf]
Preview
Text
2964-5271_1_4_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengulas tentang tujuan dari konsep program Jum’at Bersih serta penerapannya sebagai wadah untuk mengantarkan peningkatan karakter siswa di lingkungan sekolah, terlebih pada aspek karakternya. Subjek penelitian ini yaitu para siswa SMA Negeri 8 Bekasi. Data penelitian ini diambil dari hasil observasi, pengamatan, dan wawancara terhadap beberapa pihak. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Karakter yaitu sesuatu yang melekat pada diri seseorang untuk membentuk kepribadiannya. Penelitian ini memaparkan hasil yaitu menunjukkan bahwa program Jum’at Bersih dapat menumbuhkan nilai kreativitas, religius, nasionalisme, nilai cinta pada kebersihan dan lingkungan, nilai kerja sama, nilai tanggung jawab, dan nilai peduli lingkungan, serta sikap saling tolong menolong. Maka dari itu, program ini menjadi rekomendasi bagi lembaga pendidikan untuk mengembangkan dan menerapkan program Jum’at Bersih menjadi program unggulan di lingkungan sekolah sehingga berdampak pada peningkatan kualitas belajar siswa dan peningkatan pendidikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakter, Internalisasi nilai, Budaya sekolah, Jumat bersih, Character, School management and organization, High school environment, Activity programs in education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 May 2024 06:41
Last Modified: 20 May 2024 06:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28702

Actions (login required)

View Item
View Item