Pembinaan nilai spiritual dan sosial islami peserta didik di lingkungan pendidikan minoritas Muslim

Yusron, Hasbi (2022) Pembinaan nilai spiritual dan sosial islami peserta didik di lingkungan pendidikan minoritas Muslim. Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU), 2 (1): 11. pp. 106-114. ISSN 2827-8836

[thumbnail of 2827-8836_2_1_2022-11.pdf]
Preview
Text
2827-8836_2_1_2022-11.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview

Abstract

Kondisi lingkungan pendidikan memberikan dampak terhadap nilai spiritual dan social peserta didik. Lingkungan sekolah sering menjadi bagian dari yang membentuk kepribadian peserta didik, sehingga peserta didik Muslim yang menempuh pendidikan di lembaga pendidikan yang minoritas muslim banyak mengetahui kultur yang berbeda jauh dengan ajaran Islam. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pembinaan spiritual dan social Islami peserta didik di lingkungan pendidikan minoritas Muslim. Penelitian dilakukan SMA Negeri 2 Sipora, pendekatan yang digunakan ialah kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik yang ditawarkan Huberman. Hasil penelitian ialah bahwa pembinaan nilai spiritual yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sipora berupa menetapkan kegiatan shalat dhuha dan zuhur secara rutin, tadarus al-Qur’an, kultum khusus peserta didik muslim, menanamkan sikap hormat kepada setiap yang lebih tua. Sementara untuk pembinaan nilai social Islami kepada peserta didik Muslim di lingkungan pendidikan minoritas muslim ialah dengan menegaskan prilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, sopan, toleransi, percaya diri, gotong royong. Nilai-nilai yang ditemukan ini terwujud di SMA Negeri 2 Sipora disebabkan penerapan metode pembelajaran yang selaras dengan kondisi lingkungan dan kondisi peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Spritual, Sosial, Muslim minoritas, Pendidikan agama Islam, Lingkungan pendidikan, Spritual, Social, Muslim minority, Islamic religious education, Educational environment, Learning methods, Upper secondary education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:14
Last Modified: 23 Oct 2023 03:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28601

Actions (login required)

View Item
View Item