Strategi pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar pada aspek afektif selama Covid-19 di MTs BPP Bawan

Nurnajmi, Nurnajmi and Ahmad, Lahmi and Syaflin, Halim (2022) Strategi pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar pada aspek afektif selama Covid-19 di MTs BPP Bawan. Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU), 2 (1): 10. pp. 98-105. ISSN 2827-8836

[thumbnail of 2827-8836_2_1_2022-10.pdf]
Preview
Text
2827-8836_2_1_2022-10.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar pada aspek afektif ialah salah satu dari tiga ranah kemampuan yang mesti dimiliki oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Untuk mencapai kemampuan pada aspek ini dibutuhkan strategi yang sesuai dengan kondisi, tujuan dan materi pembelajaran. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi yang dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak pada aspek afektif selama covid-19 di MTs BPP Bawan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualtatif jenis etnografi, yaitu pendekatan yang digunakan untuk memahami budaya dan prilaku informan berdasarkan budaya belajar selama covid-19. Hasil penelitian adalah Pelaksanaan pembelajaran daring guru akidah akhlak di MTs S BPP Bawan dalam meningkat hasil belajar aspek afektif dilakukan melalui beberapa strategi dimulai dari membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran daring, mempersiapkan media pembelajaran, menentukan scenario, menyiapkan materi yang menarik, menetukan metode serta menentukan pendekatan. Penerapannya dilakukan melalui pembiasaan serta mengembangkan nilai-nilai kejujuran. Kekurangan dari strategi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar aspek afektif selama masa pendemi ini adalah dirasakan kurang optimal, serta tidak terciptakan interaksi yang baik antara guru dan peserta didik. Sedangkan kelebihan yang dimiliki adalah terjadinya percepatan penguasaan teknologi, lebih fleksibel dan dapat diulang-ulang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Afektif, Affective, Akidah akhlak, Covid-19, Learning methods, Academic achievement, Islamic education, Secondary education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:20
Last Modified: 23 Oct 2023 03:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28597

Actions (login required)

View Item
View Item