Upaya meningkatkan prestasi belajar IPA dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Inpres Nogodue 2021/2022

Maria, Surmawanti Diti (2022) Upaya meningkatkan prestasi belajar IPA dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Inpres Nogodue 2021/2022. Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU), 2 (1): 5. pp. 30-44. ISSN 2827-8836

[thumbnail of 2827-8836_2_1_2022-5.pdf]
Preview
Text
2827-8836_2_1_2022-5.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan motivasi belajar siswa, misalnya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep IPA. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran penemuan terbimbing? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran penemuan terbimbing terhadap motivasi belajar siswa? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan terbimbing. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN ABC Jakarta Pusat. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,22%), siklus II (78,26%), siklus III (91,30%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN ABC Jakarta Pusat, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar IPA, Metode penemuan terbimbing, Academic achievement, Natural sciences education, Learning methods, Primary education, Primary school students
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:40
Last Modified: 23 Oct 2023 03:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28588

Actions (login required)

View Item
View Item