Meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas VI SDK 119 Likot

Simporosa, Soge (2022) Meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas VI SDK 119 Likot. Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU), 2 (1): 4. pp. 23-29. ISSN 2827-8836

[thumbnail of 2827-8836_2_1_2022-4.pdf]
Preview
Text
2827-8836_2_1_2022-4.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kenyataan bahwa rendahnya hasil ulangan siswa kelas VI di SDK 119 Likot Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggata Timur dalam pembelajaran matematika materi volume kerucut disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa memahami konsep dasar penurunan rumus volume kerucut terhadap materi yang telah disampaikan. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi disebabkan metode pembelajaran yang hanya berfokus pada guru yaitu menjelaskan, mencatat rumus, menugaskan menghapal rumus, dan latihan sehingga terlalu monoton dan bahkan tidak sesuai dengan materi. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan pada penelitian tindakan kelas ini adalah berupa data skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran, data skor berupa kemampuan guru melaksanakan pembelajaran,dan data nilai hasil belajar siswa pada materi volume kerucut. Hasil penelitian tentang kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,8, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran 0,85, dan hasil belajar siswa sebesar 8,32.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penemuan terbimbing, Hasil belajar matematika, Volume kerucut, Mathematics education, Academic achievement, Primary education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:44
Last Modified: 23 Oct 2023 03:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28586

Actions (login required)

View Item
View Item