Anselmia, Lute (2022) Penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas III SDK Ona Nangahure. Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU), 2 (1): 2. pp. 8-13. ISSN 2827-8836
2827-8836_2_1_2022-2.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan membantu siswa kelas III SDK Ona Nangahure. Penelitian ini menggunakan metode bercerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri atas Kegiatan Awal, Kegiatan Inti dan kegiatan akhir. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes bercerita di depan kelas, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi kegiatan guru, aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I terdapat presentase ketuntasan klasikal 60% dan daya serap individu sebesar 64,28% sedangkan hasil observasi aktivitas siswa 62,5% dan observasi aktivitas guru 87,5% dengan kategori cukup. Pada tindakan siklus II presentase ketuntasan klasikal 88% dan daya serap individu 79,94% sedangkan hasil observasi aktivitas siswa 87,5% dan hasil observasi guru 85,7% dengan kategori sangat baik. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode Bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDK Ona Nangahure.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berbicara, Metode cerita, Storytelling, Verbal communication, Public speaking, Communication skills |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 04:00 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 04:00 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28583 |