Antonia, Lewe (2022) Peningkatan motivasi belajar pendidikan agama Katolik melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VI SDK 093 Maumere IV. Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU), 2 (1): 1. pp. 1-7. ISSN 2827-8836
2827-8836_2_1_2022-1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pendidikan agama katolik melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VI SDK 093 Maumere IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang terdiri dari 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran tergolong dalam kategori sangat baik dan mampu memicu keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya. Hasil belajar siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa meningkat karena siswa sangat antusias dan berpartisipasi aktif dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Pendidikan Agama Katolik, Kooperatif tipe jigsaw, Cooperative learning, Learning motivation, Catholics education, Primary education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 04:10 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 04:10 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28580 |