Sri, Kuntari (2022) Meningkatan hasil belajar siswa materi pokok pasar monopoli, monopolistik dan oligopoly melalui media gambar dengan model pembelajaran examples non examples pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Negeri 8 Samarinda. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 1 (1): 12. pp. 176-193. ISSN 2828-8432
2828-8432_1_1_2022-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (189kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran Ekonomi Bisnis kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, yang diketahui dari rata-rata nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis hanya mencapai 67,43 dengan kata lain belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu sebesar 78, hal itu disebabkan karena kurangnya pemanfaatan media gambar dengan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar, kurangnya minat siswa, serta rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi Bisnis. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dibahas tentang penggunaan media gambar dengan model pembelajaran Examples Non Examples untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 8 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan berbentuk siklus dan masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik kualitatif, adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah instrumen soal. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 8 Samarinda dengan jumlah siswa 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dengan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajarn Ekonomi Bisnis. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu 18 siswa (51,43%) terjadi peningkatan pada siklus I yaitu 27 siswa (77,14%) dan pada siklus II meningkat menjadi 35 siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dengan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 8 Samarinda
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe TGT, High school student, Learning method, Study environment |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 15 May 2024 06:57 |
Last Modified: | 15 May 2024 06:57 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28496 |