Meningkatkan kemampuan menganyam anak kelompok B dengan menggunakan media daur ulang di TK Dharma Wanita Panggungrejo Tulungagung

Nilam, Nurohmah and Pendik, Hanafi and M., Nur Huda (2022) Meningkatkan kemampuan menganyam anak kelompok B dengan menggunakan media daur ulang di TK Dharma Wanita Panggungrejo Tulungagung. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 1 (1): 3. pp. 37-61. ISSN 2828-8432

[thumbnail of 2828-8432_1_1_2022-3.pdf]
Preview
Text
2828-8432_1_1_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam proses pembelajaran pada TK Dharma Wanita Panggungrejo Tulungagung, dalam kegiatan menganyam beberapa anak masih terlihat jari jemarinya sedikit kaku dan waktu yang digunakan relatif lama hingga waktu pembelajaran berakhir, namun dapat menyelesaikan tugas hingga selesai. Sedangkan di beberapa TK yang lain kegiatan menganyam masih jarang dilakukan dengan alasan kegiatan menganyam dianggap rumit untuk dilakukan anak. Selain itu masih banyak anak yang bertanya cara membuatnya secara berulang-ulang dan juga meminta bantuan kepada guru. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan secara garis besar, peneliti pada umumnya mengenal adanya empat langkah penting, yaitu pengembangan, plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), reflect (perenungan) atau disingkat POAR yang dilakukan secara intensifdan sistematis atas seseorang yang mengerjakan pekerjaan sehari-harinya. Hal ini dapat diketahui dari 1) hasil penerapan penggunaan bahan daur ulang dalam meningkatkan kemampuan menganyam di TK Dharma Wanita Panggungrejo Tulungagung Kelompok B, pelaksanaan penelitian berlangsung selama 3 siklus yaitu siklus I dan siklus II dan siklus III. Setiap siklus membahas tentang bagaimana meningkatkan kemampuan menganyam melalui Penggunaan bahan daur ulang . Dalam pelaksanaan penelitian ini, setiap siklus terbagi dalam tiga tahap kegiatan yaitu (1) kegiatan awal (2) kegiatan ini (3) kegiatan penutup. 2) Peningkatan kemampuan menganyam pada anak melalui penggunaan bahan daur ulang di TK Dharma Wanita Panggungrejo Tulungagung Kelompok B Tahun Pelajaran 2018/2019 dibuktikan dari hasil rata-rata observasi kegiatan guru pada siklus I anak mempunyai capaian akhir perkembangan mulai berkembang (MB) yaitu 14 anak atau 93% dan hanya 1 anak atau 7% mempunyai capain akhir perkembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH), pada siklus II anak yang mempunyai capaian akhir perkembangan mulai berkembang (MB) yaitu 3 anak atau 20% dan hanya 13 anak atau 80% mempunyai capain akhir perkembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan pada siklus III anak yang mempunyai capaian akhir perkembangan mulai berkembang (MB) yaitu 2 anak atau 13% dan hanya 10 anak atau 67% mempunyai capain akhir perkembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH), serta 3 anak atau20% mempunyai capaian akhir perkembangan Berkembang Sangat Baik (BSB). Jadi penerapan pembelajaran dengan menggunakan penggunaan bahan daur ulang, dapat meningkatkan kemampuan menganyam di Kelompok B TK Dharma Wanita Panggungrejo Tulungagung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menganyam, Media daur ulang, Weaving, Early childhood education, Kindergarten, Play, Creative ability, Recycling (Waste, etc.)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 15 May 2024 04:29
Last Modified: 15 May 2024 04:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28411

Actions (login required)

View Item
View Item