Sony, Eko Adisaputro (2022) Konsep motivasi dasar, motivasi kerja dalam pendidikan di Madrasah Aliyah Sunan Kalijaga. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 1 (1): 2. pp. 24-36. ISSN 2828-8432
2828-8432_1_1_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (96kB) | Preview
Abstract
Motivasi merupakan faktor yang paling mendasar dalam lembaga pendidikan untuk menggerakkan potensi sumber daya manusia untuk menumbuhkan semangat bekerja dengan tujuan organisasi. Faktor kedua adalah pemimpin sebagai pemimpin yang mampu menggerakkan sumber daya manusia. Kepekaan pemimpin diharapkan memahami hakikat dan kebutuhan manusia. Hirarki kebutuhan manusia diharapkan menjadi pertimbangan lain dalam memotivasi staf, guru (ustadz) atau karyawan. Lima hal kebutuhan manusia yang perlu diperhatikan adalah: kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan dan aktualisasi diri. Jika seorang pemimpin mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dalam memotivasi bawahannya, maka produktivitas dan kesuksesan dapat terwujud dalam lembaga atau instansi yang dipimpinnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi dasar, Motivasi kerja, Personnel management, Employee motivation, Employees--Rating of, Labor discipline, Islamic education |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 15 May 2024 03:37 |
Last Modified: | 15 May 2024 03:37 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28402 |